Rabu, 14 September 2011

Nokia Car Mode Menggabungkan pengendalian mobil dengan Layanan Smartphone





Hari ini, pada konferensi IAA (Internationale Automobil Ausstellung), Nokia mengumumkan teknologi terbarunya, Nokia Car Mode, applikasi tunggal yang dioptimalkan untuk penggunaan smartphone Nokia di dalam mobil. Untuk menghindari distraksi pengendara, Nokia Car Mode memiliki halaman antarmuka yang akan mempermudah akses dan penggunaan fitur Nokia Drive (navigasi petunjuk jalan pada Nokia Maps dengan bantuan suara), berita terbaru mengenai lalu lintas, pemasang musik dan panggilan suara pada saat mengemudi. Nokia Car Mode ,dengan basis QT, dapat diunduh melalui Nokia Ovi Store pada Q4 2011 untuk smartphone Nokia dengan system operasi Symbian Belle, seperti ponsel yang baru saja diluncurkan, Nokia 600, Nokia 700, Nokia 701 dan tentunya Nokia N9.

Nokia Car Mode merupakan solusi komersial pertama yang mendukung layanan MirrorLink, yang sebelumnya dikenal dengan nama Terminal Mode. MirrorLink merupakan platform yang menghubungkan smartphone dengan mobil, didukung oleh lebih dari 20 merek global ternama dari berbagai industri yang tergabung dalam Car Connectivity Consortium (CCC). Dengan adanya MirrorLink, smartphone dapat terhubung dengan mudah pada sistem visual mobil, sistem control dan audio. Sehingga konsumen dapat mengontrol smartphone mereka melalui dasbor mobil, seakan-akan ponsel dan aplikasinya terintegrasi pada mobil tersebut.

Saat ini MirrorLink sedang memperkuat posisinya. Diantara produk komersil yang pertama hadir pada IAA selain Nokia Car Mode ada juga Alpine ICS X-8 terbaru, unit yang dapat di pasang dan digunakan pada dasbord pada produk mobil yang mendukung layanan MirrorLink dan ponsel dengan Bluetooth hands-free. Pada saat smartphone Nokia tersambungkan dengan Alpine ICS-X8, pengguna akan dapat menggunakan aplikasi smartphone dengan aman dan nyaman melalui layar sebesar 7 inci ICS-X8 dengan resolusi tinggi.
Sebagai anggota pendiri dari Car Conectivity Consortium, Nokia berusaha untuk memperkenalkan inovasi ponsel pada industri otomotif. Integrasi dari smartphone dan kecanggihannya dengan mobil memainkan peran penting dalam strategi bisnis Nokia’s Location & Commerce, memperluas ekosistem yang sudah ada dan menyediakan keuntungan dan kesempatan baik bagi konsumen, perusahaan otomotif, pengembang aplikasi dan pemasang iklan.

“Pergerakan besar dari MirrorLink dan Nokia Car Mode memungkinkan pengendara mobil untuk mengakses layanan favorit mereka pada smartphone,” ujar Floris van de Klarshorst, Direktur Pelayanan Otomotif dari Nokia’s Location & Commerce. “Dengan hadirnya MirrorLink, pengguna dapat memiliki akses yang aman dan nyaman pada peta, musik dan panggilan dan ponsel mereka pada saat berada dalam mobil, bahkan pada saat menyetir. Kedepannya, MirrorLink akan memunculkan berbagai fitur menarik lainnya, karena saat ini hanyalah permulaan dimana apa yang dapat kami lakukan adalah menghubungkan perangkat pintar dengan kendaraan. Kami mengharapkan para pengembang dapat terus berinovasi untuk menghadirkan aplikasi baru yang dapat memaksimalkan penggunaan perangkat pada saat berada di mobil.”

“Sebagai anggota resmi dari Car Connectivity Consortium (CCC), kami selalu bersemangat dalam memperkenalkan solusi hiburan di mobil pertama di dunia yang berdasarkan pada MirrorLink – ICS X8 App Link Station” ujar Ingmar Heck, Manajer Penjualan dan Marketing, Alpine Electronics Europe. “ICS X-8 dengan MirrorLink memungkinkan pengguna untuk menciptakan ekosistem digital dari aplikasi ponsel dan system hiburan yang ada di kendaraan. Pengguna yang memiliki smartphone Nokia yang sesuai dapat menghubungkannya pada ICS-X8 dan melakukan navigasi menggunakan Nokia Drive, juga menikmati semua musik yang terdapat pada ponsel tersebut sambil berkendara menggunakan Nokia Music. Nokia Drive bahkan terhubung dengan alat GPS mobil, memungkinkan konsumen mendapatkan navigasi yang akurat bahkan di wilayah dengan kekuatan sinyal yang lemah.”

“Akses yang aman dan mudah pada aplikasi internet smartphone merupakan hal penting dalam mempercepat evolusi teknologi perangkat yang terhubung dengan kendaraan,” ujar Thilo Koslowski, Vice President dan Practice Leader di Gartner. “Solusi dari integrasi smartphone dengan kendaraan yang terstandarisasi memungkinkan perusahaan otomotif untuk menyederhanakan penawaran layanan perangkat yang tersambung dengan kendaraan dan berfokus pada memperluas gaya hidup konsumen yang dapat terhubungkan dengan kendaraan.”
Alpine ICS-X8 akan hadir pada bulan November di dealer resmi Alpine. (TGH)

1 komentar:

  1. Salam, kami ingin mengajukan penawaran kerjasama berupa blog content tentang teknologi- tanpa biaya. Silahkan hubungi email kami untuk informasi lebih lanjut. Terimakasih. Kami tunggu kabarnya.

    BalasHapus